Drs. Eliterius Sennen, M.Pd: Merancang Kegiatan Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Hots.

Labuan Bajo-Paroki Nunang-Drs. Eliterius Sennen, M.Pd melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)  untuk guru-guru SD dan SMP se-Paroki Santu Mikael Nunang. Kegiatan ini dilaksanakan di Pusat Paroki Nunang pada tanggal 23 s/d 24 April 2019.

Foto Bersama dengan Beberapa guru Usai kegiatan

Eleterius menuturkan bahwa, secara umum, kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran matematika di sekolah dasar masih berada pada kemampuan berpikir level rendah atau LOTS (lower order thinking skills), yaitu berfokus pada kemampuan menghafal atau yang sering disebut C-1. Kemampuan matematika siswa pada level ini hanya sekedar menyimpan data-data pengetahuan matematika atau menghafal fakta dan konsep-konsep matematika yang diterimanya dari penjelasan guru. Siswa atau peserta didik di sekolah dasar umumnya menerima pengetahuan matematika relatif sama dengan apa yang didengar dan bisa diingatnya dari penjelasan gurunya.

Oleh karena itu menurut Sekretaris LPM ini,  HOTS dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah mengedepankan pemahaman atas konsep-konsep matematika daripada hanya sekedar menghafal rumus dan konsep-konsep secara statis. HOTS mendorong dan memberi penekanan yang kuat pada penggunaan pengetahuan matematika dalam proses permasalahan dalam konteks dunia nyata, membantu dan memacu siswa agar mampu mengaitkan pengetahuan matematika yang diperolehnya dengan situasi atau permasalahan praktis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut Eliterius mengatakan bahwa  Kegiatan ini bertujuan: (1) untuk membantu guru-guru SD dan SMP se-Paroki Nunang agar dapat mengenal konsep pembelajaran matematika yang berorientasi HOTS, (2) untuk membantu guru-guru SD dan SMP se-Paroki Nunang agar dapat menyusun rancangan kegiatan pembelajaran matematika di SD dan SMP yang berorientasi HOTS, (3) untuk membantu guru-guru SD dan SMP se-Paroki Nunang agar dapat menerapkan pendekatan saintifik dalam merancang kegiatan pembelajaran matematika yang berorientasi HOTS, dan (4) untuk membantu guru-guru SD dan SMP se-Paroki Nunang agar dapat menyusun instrumen tes matematika yang berorientasi HOTS.

Kegiatan yanga dilaksanakan dengan pendekatan edukasi dan sharring pengalaman serta unjuk kerja diikuti oleh 60 orang guru SD dan SMP se-paroki Nunang selama 2 hari, yaitu tanggal 23 – 24 April 2019 di gedung SMP Negeri 6 Sano Nggoang.

Melihat antusiasme dan keseriusan pesreta, Eliterius berharap agar peserta: (1) memperoleh pemahaman yang memadai tentang pembelajaran matematika SD dan SMP yang berorientasi HOTS, (2) mampu merancang kegiatan pembelajaran matematika SD dan SMP yang berorientasi HOTS, (3) mampu. merancang kegiatan pembelajaran matematika SD dan SMP yang berorientasi HOTS dengan pendekatan saintifik, dan (4) mampu menyusun instrumen tes matematika SD dan SMP yang berorientasi HOTS. (Admin)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

STKIP SANTU PAULUS RUTENG TERAKREDITASI B

RUTENG. STKIP ST.PAULUS. Sekolah Tinggi Keguruan dan IImu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng terakreditasi B ...