STKIP Santu Paulus Ruteng Mengikuti PILMAPRES Tingkat LLDIKTI Wilayah VIII Tahun 2019

Laporan PUKET III  

Tentang Seleksi PILMAPRES TINGKAT STKIP SANTU PAULUS RUTENG

 

STKIP Santu Paulus Ruteng sebagai sebuah LPTK yang bernaung di bawah Kemeristekdikti berkomitmen untuk berpartisipasi dan berperan serta aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.  Melalui Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, STKIP Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan PILMAPRES 2019 tingkat program studi, perguruan tinggi dan tingkat Nasional.

 

Baca Juga: STKIP ST.PAULUS RUTENG PEMENANG PROPOSAL HIBAH NASIONAL TERBANYAK DI LLDIKTI WILAYAH VIII

 

Atas dasar itulah, sejak Semester Genap 2018/2019, STKIP Santu Paulus Ruteng melalui Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaaan menyelenggarakan PILMAPRES tingkat program studi. Artinya, setiap program studi melaksanakan proses pemilihan untuk menentukan tiga (3) orang mahasiswa sebagai peserta PILMAPRES tingkat STKIP Santu Paulus Ruteng.  PILMAPRES tahun 2019 mendalami tema yang dikeluarkan oleh Dirjen BELMAWA Ristekdikti sebagaimana tertulis dalam Pedoman PILMAPRES Tahun 2019 yaitu “TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS/SDGS)”.  Tema ini didalami dan dikembangkan baik dalam proses pemilihan tingkat program studi maupun selama proses pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat lembaga/institusi STKIP Santu Paulus Ruteng.

Proses pemilihan tingkat STKIP Santu Paulus Ruteng telah dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 Februari 2019. Setiap program studi mengutus tiga (3) orang mahasiswa yang telah menjadi juara 1,2 dan 3 dalam PILMAPRES tingkat program studi. Peserta seluruhnya berjumlah 12 orang yang berasal dari 5 program studi. Ada satu program studi yang tidak mengirim utusan untuk terlibat dalam pilmapres tingkat STKIP Santu Paulus Ruteng. Lalu, ada 3 tiga program studi yang mengutus hanya dua (2) orang mahasiswa. Proses pemilihan yang berlangsung selama tiga hari ini didampingi oleh tiga orang Dewan Juri yaitu Dr. Fransiska Widayawati, M.Hum, Bonefasius Rampung, S.Fil.,M.Pd, dan Ignasius Loy Semana, S.Fil.,M.Hum.  Para peserta dinilai dalam beberapa aspek yaitu penilian portofolio seperti prestasi unggul mahasiswa, karya tulis ilmiah bahasa Indonesia, ringkasan karya tulis dalam bahasa Inggris, Indeks Prestasi Kumulatif, dll. Pada mahasiswa dinilai dari hasil menulis karya tulis bahasa Indonesia dan menulis ringkasan karya tulis dalam bahasa Inggris serta tes wawancara terkait dengan karya tulis dan kemampuan yang lain.

 

Baca Juga:Sivitas Akademika STKIP Santu Paulus Ruteng Bersatu Dalam Gerakan Peduli Sampah Di Kota Ruteng

 

Peserta yang Juara, Saat Foto Bersama dengan Pendamping Dari Prodi Masing-Masiang

Setelah melewati proses penilian, Dewan Juri memutuskan dan menetapkan bahwa saudari Imelda Wawuk (NIM:17.31.2032) yang berhak mendapat Juara 1, Yovita N. Mat (NIM : 17.31.2016) mendapat juara II. Keduanya berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Juara III diraih oleh Ignasius Geraldi Sudin (NIM : 16.31.4087) dan Juara IV diraih oleh Fermilia Suryati Irman (NIM : 16.31.4008). Kedua mahasiswa ini berasal dari program studi Pendidikan Matematika.

 

 

Keempat mahasiswa ini berhak mendapat dana insentif dari STKIP Santu Paulus Ruteng dan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah diperoleh.  Peserta yang lain juga mendapat piagam penghargaan dan insentif sebagia bentuk aspresiasi atas keterlibatan dalam kegiatan ini.  Atas dasar itu, STKIP Santu Paulus Ruteng mendapat kesempatan untuk mengirimkan mahasiswa yang bernama Imelda Wawuk yang telah menjadi Juara I PILMAPRES tingkat STKIP Santu Paulus Ruteng untuk mengikuti PILMAPRES tingkat LLDIKTI Wilayah VIII di Denpasar.

Pelbagai persiapan untuk mendampingi mahasiswa ini sudah dilakukan seperti menyiapkan karya tulis ilmiah dalam bahasa Indonesia dan ringkasan karya tulis dalam Bahasa Inggris, dan video yang berdurasi 6 menit yang berisi presentasi oral dalam bahasa Inggris tentang topik terkait karya ilmiah, dan persiapan lainnya. Para dosen pembimbing berjanji untuk terus mendampingi mahasiswa ini supaya bisa memberikan yang terbaik pada saat penilaian akhir di tingkat LLDIKTI Wilayah VIII yang berlangsung pada tanggal 25 Maret 2019.

 

 

Baca JugaKasat Jainudin Mengajak Kaum Milenial Menjadi Pelopor keselamatan Berlaluntas

 

Pada acara penutupan pilmapres sekaligus penganugerahan piagam penghargaan dan kejuaraan Pilmapres tingkat STKIP Santu Paulus Ruteng, pada hari Sabtu, 23 Februari 2019, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil.,M.Pd menjelaskan bahwa PILMAPRES mempunyai tujuan strategi sebagai berikut :

  1. Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng yang meraih prestasi/capaian unggul dan membanggakan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
  2. Memotivasi mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng untuk melaksanakan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana untuk menyeimbangkan hard skillsdan soft skills.
  3. Mendorong mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi/capaian unggul dan membanggakan secara berkesinambungan.

Oleh karena itu, Puket III menyampaikan terima kasih kepada pihak Yaspar yang telah memfasilitasi kegiatan Pilmapres ini. Romo Ketua STKIP Santu Paulus Ruteng yang telah memberi kepercayaan untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan ini. Para Puket II, Para Ketua Program Studi, Para Juri, dan Para Dosen Pembimbing yang telah bekerja sama untuk terselenggaranya kegiatan Pilmpares tingkat STKIP Santu Paulus Ruteng.

Para mahasiswa yang menjadi peserta Pilmapres Tahun 2019 juga mengaku bangga karena terlibat dalam kegiatan ini. Sri Inayati sebagai salah satu peserta dari Program Studi PG PAUD memberi kesaksian bahwa kegiatan ini menjadi momentum pembelajaran yang sangat berharga. Kegiatan pilmpres ini sangat membantu mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri sebagai calon pendidik, supaya kelak dapat menjadi pendidik yang andal, unggul dan profesional.

Laporan PUKET III: Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd

Publish: Feliks Hatam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Drs. Eliterius Sennen, M.Pd: Merancang Kegiatan Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Hots.

Labuan Bajo-Paroki Nunang-Drs. Eliterius Sennen, M.Pd melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)  untuk guru-guru SD ...