Pelatihan Pengelolaan Artikel JPKM Berbasis Operating Journal System (OJS)

Unit Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio (JPKM) STKIP Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan pelatihan pengelolaan artikel dengan menggunakan Operating Journal System (OJS), Sabtu (12 Mei 2018).

Pelatihan ini diberikan oleh Dr. Marsel Ruben Payong, M.Pd dan Evaritus Marsidi, S.Kom. Hadir pada kesempatan tersebut para dosen yang menjabat sebagai pengelola jurnal program studi dan yang mendapat tugas khusus sesuai dengan bidang-bidangnya.

Maksimilianus Jemali, M.Th selaku pimpinan unit Jurnal menegaskan pentingnya penguasaan gaya selingkung dalam pengelolaan jurnal berbasis OJS. “Di dalam buku pedoman JPKM sudah diuraikan secara rinci hal-hal teknis yang berhubungan dengan isi dan sistematika artikel jurnal. Semua bagian yang tertulis di dalamnya memiliki pendasaran-pendasaran yang valid. Seorang editor atau pengelola jurnal harus memahami dengan sangat baik gaya selingkung tersebut sehingga memudahkan proses editing atau layout”, demikian tegas Maksimilianus.

Dr. Marsel Ruben Payong mempresentasikan tentang apa itu OJS, sejarah OJS, kemudian menjelaskan tugas-tugas dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnya (penulis, editor, section editor, copy editor, reviewer, layout editor, proof reader, publisher). “Kalau JPKM mau diakreditasi, maka penting sekali pengelolaannya menggunakan sistem OJS. Dengan demikian jurnal tidak lagi dikelola secara “single fighter” tetapi “teamwork”, jelas beliau.

Sementara Evaristus Marsidi, S.Kom memberikan pelatihan praktis bagaimana mengelola (transaksi) satu artikel dari penulis, editor, section editor, copy editor, reviewer, dan proof reader. Pada kesempatan ini juga dibagikan username dan pasword bagi dosen-dosen yang mendapat tugas khusus tersebut.

Adapun dosen-dosen yang mendapat tugas khusus untuk pengelolaan JPKM berbasis OJS, adalah Evaritus Marsidi, S.Kom (admin), Maksimilianus Jemali, M.Th (editor), Bernadus T.Beding, M.Pd

Fransiskus Jemadi, M.Pd (copy editor), Ambros Leonangung Edu, M.Pd, Bonefasius Rampung, M.Pd, Tobias Gunas, M.Pd, Fransiskus Nendi, M.Pd, Fransiskus Lega, M.Th, Marianus Supar Jelahut, M.Pd (section editor), Florianus Dus Arifian, M.Pd, Rudolof Ngalu, M.Pd, Yosefina Su, M.Pd (proof reader), Dr. Yohanes S. Lon, M.A, Dr. Marsel Ruben Payong, Dr. Inosensius Sutam, Dr. Fransiska Widyawati, Dr. Ans Prawati Yuliantari (reviewer internal), Petrus Redy Partus Jaya (layout editor).

x

Check Also

STKIP SANTU PAULUS RUTENG TERAKREDITASI B

RUTENG. STKIP ST.PAULUS. Sekolah Tinggi Keguruan dan IImu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng terakreditasi B ...