Mahasiswa STKIP Santu Paulus Meraih Juara II Seleksi Tahap II ON MIPA-PT Tingkat Kopertis VIII

Pius Maximianus Sorat, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Santu Paulus Ruteng meraih Juara II Seleksi Tahap II Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2018 Tingkat Kopertis VIII.

Seleksi ini diselenggarakan oleh Kemenristekdikti sejak bulan Maret tahun 2018. Seleksi tahap I telah dilaksanakan di perguruan tinggi masing-masing untuk menentukan maksimal 7 peserta olimpiade. Seleksi tahap II dilakukan di masing-masing wilayah Kopertis VIII (Bali, NTT, dan NTB), setelah itu akan diadakan seleksi tahap III di tingkat Nasional.

Seleksi Tahap I telah dilaksanakan di tingkat Program Studi Matematika dengan menghasilkan 6 mahasiswa yang akan mengikuti seleksi tahap II yakni Pius Maximianus Sorat, Derfina Agustavira Lanur, Yohanes Palmantus Albino, Andreas Watu, dan Angela Sriviani Gunsi.

Kemenristekdikti kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) pada bulan Maret 2018. Olimpiade tersebut terdiri dari tiga tahap seleksi. Seleksi tahap I telah dilaksanakan di perguruan tinggi masing-masing untuk menentukan maksimal 7 peserta olimpiade. Seleksi tahap II dilakukan di masing-masing wilayah Kopertis VIII (Bali, NTT, dan NTB), setelah itu akan diadakan seleksi tahap III di tingkat Nasional.

Seleksi Tahap I telah dilaksanakan di tingkat Program Studi Matematika dengan menghasilkan 6 mahasiswa yang akan mengikuti seleksi tahap II yakni Pius Maximianus Sorat, Derfina Agustavira Lanur, Yohanes Palmantus Albino, Andreas Watu, dan Angela Sriviani Gunsi. Sebelum, kelima peserta seleksi tahap II, 6 mahasiswa terpilih mengikuti bimbingan secara intensif oleh dosen-dosen Prodi Matematika.

Seleksi Tahap II dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 21-22 Maret 2018 di Universitas Hindu Indonesia, Denpasar Timur, Bali. Seleksi tahap II dilaksanakan untuk memilih perwakilan dari setiap wilayah Kopertis VIII (Bali,NTT dan NTB) yang kemudian akan bersaing ditingkat Nasional yang mana 6 mahasiswa Prodi Matematika didampingi oleh dua dosen prodi matematika yaitu Alberta Parinters Makur, S.Si, M.Pd (Koordinator Klinik Matematika) dan Apolonia Hendrice Ramda, M.Pd.

Pius Maximianus Sorat berhasil meraih juara II dan bersama Ikbal Fathul Haditia (Universitas Mataram) yang menjadi juara I. Keduanya akan mewakili 75 peserta lainnya yang terlibat dalam seleksi tahap II ON MIPA-PT 2018 bidang studi matematika se-wilayah kopertis VIII untuk bertarung di tingkat nasional pada seleksi tahap III mendatang.

x

Check Also

Drs. Eliterius Sennen, M.Pd: Merancang Kegiatan Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Hots.

Labuan Bajo-Paroki Nunang-Drs. Eliterius Sennen, M.Pd melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)  untuk guru-guru SD ...